Monday, December 31, 2012

[Book Kaleidoscope 2012] Top Five Best Book Covers

Tema kedua dalam Book Kaleidoscope adalah Best Book Cover. Secara jaman sekarang istilah don't judge a book by its cover udah ga berlaku lagi. Sebenernya gw bukan tipe yang terlalu memusingkan gambar sampul, selama ga mengganggu kenyamanan gw membaca di tempat umum (makanya kalo baca buku romance yang covernya pasangan yang terlalu hot gitu mending gw baca di iPod atau sampulnya, entah gemana caranya, ditutup-tutupin), tapi seneng juga liat gambar sampul buku sekarang yang makin kreatif dan menarik.  

So, here's my version of top five book covers. In no particular order.
 
Bunheads ini bener-bener kasus 'judge a book by its cover' Biasanya gw ribet cari-cari review dulu di Goodreads sebelum memutuskan untuk beli buku. Tapi gambar Corps de ballet (yang kalo diperhatiin dari dekat ternyata copy paste) dengan tutu putih langsung menarik perhatian gw.

Unearthly (Cynthia Hand)
Secara gw belum selesai baca bukunya, tebakan gw gadis yang ada di sampul buku ini adalah Clara, tokoh utama Unearthly. Gw ga tau sih Clara lagi ngapain pake gaun panjang di tengah hutan. Tapi gaunnya, gradasi warna ungu dan font yang digunakan bikin sampul buku ini terlihat anggun.

Sebenernya konsep sampulnya The Infernal Devices sama semua. Bangunan khas London sebagai latar (untuk Clockwork Prince ini gw ga tau bangunan apa yang jadi latar. Pastinya sih jembatan), stamp gambar transparan yang jadi terkesan seperti kabut, dan tokoh utamanya (Will di Clockwork Angel, Jem di Clockwork Prince dan Tessa di Clockwork Princess). Sebenernya gw pengen masukin Clockwork Princess di list ini, tapi bukunya baru terbit tahun depan. 

Gw suka Clockwork Prince karena stamp gambar mesin jam tidak terlalu mendominasi, sehingga latar belakangnya masih kelihatan. Dan wajah Jem yang keliatan jelas. Overall, gw suka kesan misterius pada gambar sampul ini. Imajinasi gw langsung terbang ke dunia para Shadowhunter di London pada Victorian era.


Walaupun super kecewa sama ceritanya dan Patch bisa diikutsertakan dalam nominasi Top-Five-Guys-Girls-Should-Never-Date, tapi gw mengakui kalau cover Hush, Hush ini cantik banget. Latar belakang awan abu-abu yang simpel kontras dengan sang Fallen Angels dan sayap-sayap hitamnya. Pilihan warnanya pun pas untuk menggambarkan tokoh Patch yang misterius.

Seperti yang udah gw mention di review bukunya, The Night Circus ini buku tercantik yang gw punya. Sampul depannya aja udah cantik. Bayangin kertanya glossy dan lengkung-lengkung di sekitar judulnya itu hologram. Tidak hanya sampai di situ, halaman-halaman di dalamnya pun dilengkapi garis-garis hitam putih dan taburan bintang. Cantik!

6 comments:

  1. Night Circus <3 <3 <3 the book I first judged by its cover :D
    anyway you mean you should include Clockwork Princess right?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Edited!

      Iya ga nyangka gw The Night CIrcus niat banget bikin cover. Cuma gedenya itu mana tahan..

      Delete
  2. aaww Jem!
    Dia juga nyaris masuk Best Book Covers-ku tapi terpaksa tergusur sama yg lain *pukpuk Jem
    Night Circus cakeepp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena aku banyakan baca romance, ga banyak pilihan buat masuk list deh. Makanya Jem punya kesempatan masuk list, langsung menang bersaing sama cover2 bergambar pasangan lagi peluk2an +_+

      Delete
  3. Penasaran banget ih sama buku ini. Udah 3 orang yg naro jadi best cover. Tapi pada bilang juga kalo bukunya gak sebagus covernya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Night Circus ya? Iya, rada kecewa sih. Tapi emang bukunya, both US and UK edition, cakep banget. Bagus deh buat pajangan hehe..

      Delete