Sunday, January 6, 2013

[Book Kaleidoscope 2012] Top Five Most Favorite Books of 2012


Dan akhirnya, ini dia 'gong' dari postingan Book Kaleidoscope. Jaraknya agak jauh dari postingan sebelumnya karena... Err.. Ternyata sulit memilih lima buku. However, dari seluruh bacaan gw selama tahun 2012, ini dia lima buku -dalam urutan acak- yang memorable buat gw. 

Top Five Most Favorite Books of 2012

Perahu Kertas - (Dewi Lestari)
 Karena hati tak perlu memilih, ia selalu tahu kemana harus berlabuh - Luhde

Setelah berkali-kali kejebak dan kecewa baca novel Indonesia sejenis Metropop dan kawan-kawannya dalam genre romance, setidaknya Perahu Kertas berhasil merubah image. Penulisannya ngingetin gw sama gaya cerpen dan novel singkat jaman 90an. Ceritanya lucu sekaligus mengharukan.

 
I'm not Dauntless. I'm Divergent. I am whatever I choose to be - Tris

Divergent dan Insurgent berkesan buat gw karena dua buku berasal dari genre yang bukan favorit gw, dystopian. Tapi Veronica Roth berhasil menciptakan dunia masa depan dan membuat gw tertarik mengikuti ceritanya. Kedua bukunya bagus, tapi buat gw Insurgent jauh lebih keren. Sampai saat ini sih gw masih bukan penggemar dystopian. Tapi yang pasti gw ga sabar nunggu buku ketiga dari trilogi Divergent.

Life is only precious because it ends, kid. Take it from a god. You mortals don't know how lucky you are - Mars

List buku favorit gw belum lengkap kalau belum ada buku karangan Rick Riordan. Gw baca ulang The Son of Neptune dalam rangka menunggu The Mark of Athena terbit. Walaupun suka sama The Mark of Athena, sampai saat ini The Son of Neptune masih jadi buku favorit gw dari seri Heroes of Olympus.

You don't get to choose if you get hurt in this world, old man, but you do have some say in who hurts you. I like my choices. - Augustus

Walaupun ini adalah karya terbaru, The Fault in Our Stars adalah pengalaman pertama gw dengan John Green. Dalam review gw, gw mendeskripsikan buku ini sebagai 'heartwarming'. Kalau gw bilang ceritanya 'agak sedih' sepertinya understatement ya (temen gw sampe nolak baca buku ini waktu gw rekomendasiin, karena ga mau baca buku sedih *sigh*). Bahkan sekarang, sekedar baca sekilas bukunya atau quotes-nya masih bikin gw terharu. Setelah membaca beberapa karya John Green lainnya, The Fault in Our Stars masih menempati urutan pertama sebagai buku karangan John Green favorit gw.

Mercy breeds mercy as slaughter breeds slaughter. We can’t expect the world to be better than we make it. - Akiva

Tahun ini gw banyak berpetualang di dunia fantasi. Banyak yang berkesan jadi susah pilih satu. However, ini bacaan fantasi terakhir yang gw baca di 2012 dan gw bener-bener dibuat terpesona sama dunia karangan Laini Taylor. 


Favorite Author 2012
 One must always be careful of books, and what is inside them,
 for words have the power to change us - Tessa, Clockwork Angel

Karena genre YA Fantasy sudah diisi Days of Blood and Starlight, terpaksa buku-buku karya Cassandra Clare tersingkirkan dari daftar. Tapi sepertinya ga mungkin membuat postingan Book Kaleidoscope tanpa menyebut nama Cassandra Clare secara selama dua bulan gw marathon melahap tujuh buku dan berpetualang di dunia Shadowhunter. And loved every minute of it! The Mortal Instruments dan The Infernal Devices adalah dua seri yang menarik gw ke dalam dunia TMI fandom. Beneran, sebelum ini sama sekali ga pernah ikutan yang namanya fandom-fandoman apalagi fangirling malu sama umur!

Gw pernah nulis di twitter bahwa, "Gw bisa buka buku Cassie Clare yang mana aja, dan buka halaman mana aja secara acak, pasti ada aja quote yang bagus." Segitu sukanya dengan cerita dan tulisannya, gw sampai membuat satu akun twitter khusus untuk memposting kutipan-kutipan dari buku-buku Cassie Clare. 

Yang sesama penggemar buku-bukunya Cassie Clare, boleh lho follow @TMIwords, for your daily dose of Cassandra Clare's The Mortal Instruments and The Infernal Devices quotations. *uhuk*iya,promosi*uhuk*

*** 

And.. that's a wrap for Book Kaleidoscope 2012! Terima kasih mba Fanda dari klasikfanda yang udah ngadain event ini. I really had fun.

Walaupun telat, gw mo ngucapin Selamat Tahun Baru 2013 buat yang siapa aja yang membaca postingan ini. Selamat memulai petualangan baru lewat buku-bukunya. Kalau ada buku bagus, boleh ya diinfoin kesini :)

No comments:

Post a Comment